Posted on: Oktober 11, 2023 Posted by: laparisofficial Comments: 3
Mengenal Asam Lemak Menyebabkan Bau Badan

Mengenal Asam Lemak Menyebabkan Bau Badan, Asam lemak adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan bau badan. Ketika kita berkeringat, bakteri yang ada di kulit kita memecah asam lemak dalam keringat menjadi senyawa yang menyebabkan aroma yang tidak sedap.

Jenis-Jenis Asam Lemak

Ada beberapa Asam lemak seperti:

  • Asam isovalerik: Asam lemak ini ditemukan dalam daging merah, jeroan, dan susu. Saat tubuh mencerna makanan ini, asam isovalerik akan dikeluarkan melalui keringat. Bakteri di kulit kemudian akan memecah asam isovalerik menjadi senyawa yang memiliki bau menyengat.
  • Asam butirat: Asam lemak ini ditemukan dalam mentega, keju, dan produk susu lainnya. Saat tubuh mencerna makanan ini, asam butirat akan dikeluarkan melalui keringat. Bakteri di kulit kemudian akan memecah asam butirat menjadi senyawa yang memiliki bau asam.
  • Asam propionat: Asam lemak ini ditemukan dalam roti, kue, dan bir. Saat tubuh mencerna makanan ini, asam propionat akan dikeluarkan melalui keringat. Bakteri di kulit kemudian akan memecah asam propionat menjadi senyawa yang memiliki bau keju.

Asam Lemak Jenuh dan Asam Lemak Trans

lemak yang menyebabkan bau badan adalah asam lemak jenuh dan asam lemak trans. lemak jenuh banyak ditemukan pada makanan hewani, seperti daging merah, mentega, dan keju. Asam lemak trans banyak ditemukan pada makanan olahan, seperti gorengan, kue, dan biskuit.

Ketika asam lemak jenuh dan asam lemak trans dimetabolisme oleh tubuh, mereka akan menghasilkan asam butirat. Asam butirat adalah asam lemak berantai pendek yang memiliki bau yang tidak sedap. Asam butirat ini kemudian akan dikeluarkan dari tubuh melalui keringat.

Selain asam butirat, asam lemak jenuh dan asam lemak trans juga dapat menyebabkan bau badan dengan cara lain. Asam lemak jenuh dan asam lemak trans dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri di kulit. Bakteri-bakteri ini kemudian akan memecah asam lemak jenuh dan asam lemak trans menjadi asam lemak berantai pendek lainnya yang memiliki bau yang tidak sedap.

Baca Juga : Mengenal Asam Lemak Volatil (VLW)

Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung asam lemak jenuh dan asam lemak trans:

  • Makanan hewani: daging merah, mentega, keju, susu murni, telur
  • Makanan olahan: gorengan, kue, biskuit, margarin, makanan beku
  • Produk olahan daging: sosis, kornet, daging asap, daging ham

Beberapa Faktor lain Meningkatkan Risiko Bau Badan

Selain makanan, ada beberapa faktor lain Mengenal Asam Lemak Menyebabkan Bau Badan, seperti:

  • Obesitas: Orang dengan obesitas lebih cenderung memiliki bau badan karena mereka memiliki lebih banyak lipatan kulit yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.
  • Diabetes: Penderita diabetes sering memiliki kadar asam lemak dalam darah yang tinggi, yang dapat menyebabkan bau badan.
  • Masalah kesehatan lainnya:┬áBeberapa masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit hati, penyakit ginjal, dan gangguan tiroid, juga dapat menyebabkan bau badan.

Itu adalah sedikit Mengenal Asam Lemak Menyebabkan Bau Badan,

3 People reacted on this

Leave a Comment