Posted on: Oktober 24, 2023 Posted by: laparisofficial Comments: 7
Kelenjar Keringat Apokrin dan Kelenjar Keringat Ekrin

Kelenjar Keringat Apokrin dan Kelenjar Keringat Ekrin, Udah pada tau ga nih tentang kelenjar keringat apokrin dan kelenjar keringat ekrin? Jadi, kelenjar keringat ini tuh ada di kulit kita dan berfungsi untuk mengeluarkan keringat.

Kelenjar keringat ekrin ini tuh biasanya banyak ditemukan di telapak tangan, telapak kaki, dan dahi kita. Bentuknya tuh mirip banget dengan kelenjar apokrin, tapi ukurannya lebih kecil. Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar ekrin ini cenderung bening seperti air, tapi ada sedikit garam, protein, urea, dan amonia di dalamnya. Jadi kalo tangan kita basah keringat, jangan heran ya kalo rasanya ga kayak air biasa.

Berbeda dengan kelenjar ekrin, kelenjar apokrin ini cuma ada di beberapa bagian tubuh tertentu aja, misalnya ketiak, payudara, dan perineum. Bentuknya juga lebih besar dan kenyal. Kalo agan pernah ngerasain keringat yang lebih kental dan bau, itu bisa jadi keringat dari kelenjar apokrin nih. Jadi kalo tiba-tiba ketiak agan bau meski udah pake deodoran,

Baca Juga : Cara mengatasi Bau Badan yang di sebabkan Oleh Keringat

Perbedaan Kelenjar Keringat Ekrin dan Apokrin

Berikut adalah tabel perbedaan dari 2 Kelenjer keringat tersebut:

KarakteristikKelenjar keringat ekrinKelenjar keringat apokrin
LokasiHampir seluruh permukaan tubuhBagian tubuh tertentu, seperti ketiak, selangkangan, dan kulit kepala
UkuranLebih kecilLebih besar
JumlahLebih banyakLebih sedikit
Jenis keringatEncer dan tidak berbauKental dan dapat berbau
FungsiMengatur suhu tubuh, mengeluarkan racun, dan menjaga kelembapan kulitMengeluarkan keringat yang berbau
AktivasiSejak lahirMasa pubertas
Kedua jenis kelenjar ini punya peran yang penting dalam tubuh kita. Kelenjar ekrin membantu menjaga suhu tubuh agar ga terlalu panas, sedangkan kelenjar apokrin memproduksi keringat yang bermanfaat sebagai feromon. Feromon sendiri merupakan zat kimia yang dapat mempengaruhi perilaku dan komunikasi antar individu

Baca Juga : Asam Lemak Penyebab Bau Badan

Gangguan Kelenjar Keringat

Ada beberapa gangguan yang dapat terjadi pada kelenjar keringat, antara lain:

  • Hiperhidrosis adalah kondisi di mana seseorang berkeringat secara berlebihan. Hiperhidrosis dapat disebabkan oleh faktor genetik, hormonal, atau kondisi medis tertentu.
  • Anhidrosis adalah kondisi di mana seseorang tidak berkeringat sama sekali. Anhidrosis dapat disebabkan oleh kerusakan kelenjar keringat, gangguan saraf, atau penyakit tertentu.
  • Bromhidrosis adalah kondisi di mana keringat berbau tidak sedap. Bromhidrosis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri pada kulit, penggunaan antibiotik tertentu, atau gangguan medis tertentu.
  • Kromhidrosis adalah kondisi di mana keringat berwarna. Kromhidrosis dapat disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu, gangguan medis tertentu, atau kondisi genetik tertentu.

7 People reacted on this

  1. Hey there! Do you know if they make any plugins to help with
    Search Engine Optimization? I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
    If you know of any please share. Kudos! I saw similar article here: Scrapebox AA List

  2. Wow, amazing blog format! How long have you ever been blogging for?
    you made running a blog glance easy. The total look of your website is wonderful, as smartly as the content
    material! You can see similar here sklep

Leave a Comment