Posted on: Desember 1, 2023 Posted by: laparisofficial Comments: 1
Kayu Gaharu Bahan Utama Pembuatan Minyak Wangi dan Parfum

Kayu Gaharu Bahan Utama Pembuatan Minyak Wangi dan Parfum. Kayu gaharu adalah jenis kayu yang berasal dari pohon Aquilaria. Pohon ini tumbuh di berbagai wilayah tropis dan subtropis, termasuk di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Arab Saudi.

Kayu gaharu memiliki aroma yang khas dan kuat, sehingga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi dan parfum. Sobat-sobat yang suka berbau harum, pasti gak asing dengan yang namanya kayu gaharu, kayu langka ini punya keistimewaan punya warna kehitaman dan mengandung resin yang sangat berharga. Makanya, harganya di pasaran juga ga murah. Terlebih lagi, para pembeli dari luar negeri sangat suka dengan kayu gaharu ini. Bahkan, sampai-sampai kayu gaharu jadi komoditas ekspor yang bernilai tinggi!

Baca Juga : TIPS MENGHILANG AROMA BADAN, TANPA PARFUM

Tapi, Bukan kayu gaharu yang jadi bahan utama dalam pembuatan parfum, tapi gubal atau resin yang ada di dalam kayu tersebut. Aroma harum dari gubal kayu gaharu ini bahkan bisa dijadikan minyak untuk obat anti depresi. Wah, ternyata kayu gaharu punya manfaat kesehatan juga.

Aroma Kayu Gaharu

Salah satu keunikan dari kayu gaharu ini adalah wanginya yang khas dan menggoda. Wangi kayu gaharu ini tuh eksotis banget, manis, dan hangat dengan sentuhan musky. Makanya, para produsen parfum dunia berlomba-lomba menggunakan kayu gaharu sebagai bahan dasar dalam pembuatan minyak wangi. Karena wangi yang nggak bisa digantikan oleh bahan lain, kayu gaharu tetap jadi incaran para produsen parfum.

Manfaat Kayu Gaharu Selain untuk Minyak Wangi

Selain untuk pembuatan minyak wangi dan parfum, kayu gaharu juga digunakan untuk berbagai keperluan lainnya, seperti:

  • Incense: Kayu gaharu digunakan sebagai bahan baku incense untuk menciptakan suasana yang tenang dan meditatif.
  • Traditional medicines: Kayu gaharu digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, seperti gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, dan kecemasan.
  • Crafts: Kayu gaharu digunakan untuk membuat berbagai kerajinan tangan, seperti perhiasan, patung, dan furnitur.
  • kayu gaharu bisa diolah menjadi teh herbal. Pucuk daun muda kayu gaharu yang dikeringkan bisa dijadikan teh yang khas dan tentunya punya manfaat kesehatan juga

Kayu gaharu ini emang spesial banget dan nggak bisa digantikan oleh bahan lain. Selain bikin harum dan tahan lama, kayu gaharu juga punya harga yang nggak main-main. Jadi, kalo mau punya parfum atau produk dengan wangi yang unik dan mewah, kayu gaharu bisa jadi pilihan yang tepat

1 people reacted on this

Leave a Comment