Posted on: Januari 12, 2024 Posted by: laparisofficial Comments: 1
Banyak Yang Belum Tahu, Perbedaan Minyak Wangi dan Parfum

Banyak Yang Belum Tahu, Perbedaan Minyak wangi dan Parfum. Minyak wangi dan parfum memang terdengar seperti dua hal yang sama, tapi sebenarnya ada perbedaan penting di antara keduanya. Salah satu perbedaan utama adalah kadar essential oil yang terkandung di dalamnya. Essential oil ini memengaruhi aroma dan seberapa lama wanginya akan bertahan di tubuh.

Baca Juga : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBUAT PARFUM TIDAK TAHAN LAMA

Minyak wangi memiliki konsentrasi minyak esensial yang paling tinggi, yaitu sekitar 20-30%. Hal ini membuat minyak wangi memiliki aroma yang paling kuat dan tahan lama. Minyak wangi biasanya digunakan untuk acara-acara khusus, seperti pesta, pernikahan, atau acara formal lainnya.

Parfum memiliki konsentrasi minyak esensial yang lebih rendah, yaitu sekitar 15-20%. Hal ini membuat parfum memiliki aroma yang lebih ringan dan tidak terlalu tahan lama. Parfum biasanya digunakan untuk sehari-hari, baik untuk pria maupun wanita.

Perbedaan Minyak Wangi dan Parfum

Mari kita bahas satu per satu perbedaan antara minyak wangi dan parfum agar kita bisa lebih paham.

  • Pertama, mari kita mulai dengan parfum. Parfum memiliki kadar essential oil yang paling tinggi di antara semua jenis wewangian. Biasanya, parfum mengandung antara 20-40% essential oil atau konsentrat bahan wewangian. Karena kadar essential oil yang tinggi, parfum bisa bertahan hingga enam hingga tujuh jam dan wanginya tidak cepat menguap. Tapi tentu saja, dengan kadar essential oil yang tinggi, harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan jenis wewangian lainnya. Parfum sangat cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari.
  • Selanjutnya, kita punya minyak wangi. Minyak wangi memiliki konsentrat bahan wewangian yang lebih rendah dibandingkan dengan parfum. Biasanya, minyak wangi mengandung antara 10-20% essential oil. Karena kadar essential oil yang lebih rendah, wanginya juga tidak bertahan sepanjang waktu seperti parfum. Namun, minyak wangi masih bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, sekitar empat hingga enam jam. Meskipun tidak sekuat parfum, minyak wangi tetap memiliki aroma yang menarik dan cocok digunakan sepanjang hari.
  • Terakhir, ada eau de toilette. Wangi eau de toilette cenderung lebih ringan dibandingkan dengan minyak wangi dan parfum. Kadar alkohol dalam eau de toilette juga lebih ringan, sementara konsentrat wanginya berkisar antara 4-10%. Karena ringannya, wanginya tidak akan bertahan lama. Biasanya, wangi eau de toilette hanya bertahan selama dua hingga tiga jam. Meskipun demikian, eau de toilette masih merupakan pilihan yang bagus untuk digunakan saat sedang beraktivitas ringan atau hanya untuk menyegarkan diri.

Berikut adalah tabel yang merangkum perbedaannya:

KarakteristikMinyak WangiParfum
Konsentrasi minyak esensial20-30%15-20%
AromaKuat dan tahan lamaRingan dan tidak terlalu tahan lama
PenggunaanAcara khususSehari-hari
HargaLebih mahalLebih murah

Perbedaan Minyak Wangi dan Parfum Berdasarkan Jenisnya

Selain perbedaan konsentrasi minyak esensial, minyak wangi dan parfum juga dapat dibedakan berdasarkan jenisnya. Beberapa jenis umum dijumpai antara lain:

  • Eau de parfum (EDP): Jenis parfum yang memiliki konsentrasi minyak esensial sekitar 15-20%. EDP memiliki aroma yang kuat dan tahan lama, biasanya sekitar 4-5 jam.
  • Eau de toilette (EDT): Jenis parfum yang memiliki konsentrasi minyak esensial sekitar 5-15%. EDT memiliki aroma yang lebih ringan dan tidak terlalu tahan lama, biasanya sekitar 2-3 jam.
  • Eau de cologne (EDC): Jenis parfum yang memiliki konsentrasi minyak esensial sekitar 2-4%. EDC memiliki aroma yang paling ringan dan tidak terlalu tahan lama, biasanya sekitar 1-2 jam.
  • Body mist:┬áJenis parfum yang memiliki konsentrasi minyak esensial sekitar 1-3%. Body mist biasanya memiliki aroma yang ringan dan tidak terlalu tahan lama, biasanya sekitar 1 jam.

Jadi, itu dia perbedaan antara minyak wangi dan parfum berdasarkan kandungan essential oil di dalamnya. Semoga penjelasan ini membantu dalam memilih wewangian yang sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

1 people reacted on this

Leave a Comment